Click Me!
Click Me!

Cara Melegakan Memori Internal Ponsel Android Menggunakan Link2SD Extreme

Assalamu'alaikum...

Apa kabar sob! Pada kesempatan kali ini saya mau share sebuah tutorial cara melegakan memori internal pada ponsel Android menggunakan Link2SD Extreme. Untuk memulai hal ini, pastikan ponsel sobat sudah dalam keadaan root, dan juga memori eksternal sobat sudah di partisi. Berikut tutorialnya.
Download:
Link2SD disini atau disini.
Root explorer

1. Usahakan ponsel sobat dalam keadaan fresh, maksud saya adalah ponsel belum diinstal aplikasi apapun, kecuali aplikasi system/bawaan.

2. Instal aplikasi Root Explorer dan Link2SD. Setelah instal kedua aplikasi tersebut, kemudian buka Link2SD. Pada saat pertama membukanya pasti ada izin dari SU dan sejenisnya. Pilih salah satu partisi yang sobat gunakan. Lalu ada peringatan untuk me-restart ponsel sobat, restart saja ponsel restart sobat.

3. Setelah di restart, buka kembali Link2SD. Pastikan sudah berhasil. Lalu masuk ke pengaturan Link2SD, jangan di centang yang tulisan "relink lib files at boot" dan "relink dex fils at boot".

4. Selanjutnya buka aplikasi Root Explorer. Buka folder data, kemudian copy folder app, data dan dalvik cache. Setelah itu pencet tombol kembali, lalu scroll ke bawah cari dan masuk ke folder sd-ext, jika ada file atau folder di dalamnya, hapus saja. Lalu paste kan di yang sobat copy tadi.

5. Kemudian tahan folder app, scroll ke paling bawah, pilih Link to this folder. Kemudian klik tombol kembali, lalu klik pilihan create link, jika ada warning pilih aja yes. Ulangi hal yang sama untuk kedua folder tadi, dalvik cache dan data.

6. Setelah itu restart ponsel sobat. Jika sudah, check memori internal sobat dan rasakan perbedaannya.

Sudah saya tes/coba sediri di ponsel Samsung Galaxy Y dan Lenovo A369i milik teman saya dan Alhamdulillah berhasil.

*Sumber gambar: http://www.kabarandroid.com/2013/07/cara-melegakan-memori-internal-dengan-link2sd-extreme.html

Sekian untuk postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Wassalamu'alaikum...
0 Komentar untuk "Cara Melegakan Memori Internal Ponsel Android Menggunakan Link2SD Extreme"

Back To Top